Tips Belajar Efektif Untuk Mencapai Prestasi

Tips Belajar Efektif Untuk Mencapai Prestasi

Tidak ada batas usia untuk berhenti belajar. Setiap proses dalam kehidupan adalah sarana untuk belajar menjadi manusia yang lebih baik. Dalam pendidikan formal, keberhasilan seseorang dalam belajar dibuktikan oleh prestasi yang dihasilkannya. Bagi seorang mahasiswa atau pelajar, prestasi dapat dilihat dari nilai dan angka yang tertulis pada rapor dan IPK. Namun, lebih jauh dari itu keberhasilan sejati dalam belajar adalah pemahaman dan implementasi dari ilmu yang dipelajari. Berikut tips belajar efektif untuk mencapai prestasi yang dapat diterapkan oleh mahasiswa, pelajar dan siapapun yang ingin belajar.

1. Tumbuhkan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu yang besar terhadap suatu hal merupakan modal yang bagus untuk sukses dalam belajar. Jika keinginan Anda untuk mengetahui dan mempelajari suatu ilmu demikian besar, maka belajar bukanlah suatu kegiatan yang menyita tenaga dan pikiran, namun sebuah kegiatan yang mengasyikkan dan menjawab segala pertanyaan dan rasa ingin tahu Anda.

2. Aktif dalam belajar. Terlibatlah secara aktif dalam sebuah topik pelajaran atau mata kuliah. Tanyakan segala hal yang ada dalam pikiran Anda tentang topik pelajaran tersebut. Anda juga dapat menghubungi dan bertanya pada dosen atau guru tentang hal yang tidak Anda mengerti seusai kuliah.

3. Membuat rangkuman. Agar proses belajar tetap berjalan secara efektif dan efisien, rangkumlah materi kuliah atau mata pelajaran menjadi ringkasan yang membahas pokok-pokok permasalahan dan poin utama dalam sebuah topik. Hal in dilakukan agar Anda lebih mudah memahami materi pelajaran dan menghemat waktu belajar secara lebih efisien.

4. Perbanyak referensi. Jangan terfokus pada satu referensi saja. Carilah referensi pendukung dari internet, jurnal dan buku-buku pendukung lainnya. Semakin banyak referensi yang Anda baca, semakin paham Anda akan suatu materi sehingga proses belajar berjalan lebih efektif.

5. Learning by doing. Salah satu metode belajar yang cukup efektif dan dapat dilakukan semua orang yaitu belajar langsung melalui praktiknya. Biasanya metode ini dilakukan untuk pelajaran-pelajaran bersifat teknis dan sains, sehingga Anda menjadi lebih paham dalam mempelajari suatu topik.
6. Belajar secara menyenangkan. Ada banyak cara menyenangkan untuk menemani Anda belajar. Sebagian orang suka belajar sambil mendengarkan musik atau di alam terbuka. Belajar secara menyenangkan akan membuat Anda mudah menyerap materi pelajaran dan membuat kegiatan belajar menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

7. Memahami. Banyak pelajar dan mahasiswa yang salah kaprah dalam memahami suatu materi pelajaran atau kuliah. Sebagian orang menganggap menghafal dan mencatat secara keseluruhan merupakan kegiatan belajar yang efektif, padahal memahami tidak sama dengan menghapal. Pahamilah secara keseluruhan materi kuliah dan pastikan Anda dapat mengaplikasikannya dalam situasi yang nyata.
Terapkanlah tips belajar efektif diatas secara konsisten dan penuh komitmen untuk mencapai prestasi baik prestasi akademis maupun prestasi diluar akademis. Jadikan kegiatan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan untuk mendapatkan pemahaman yang dalam tentang suatu materi pelajaran atau perkuliahan.

Sumber: http://www.rumahtips.com/tips-belajar-efektif-untuk-mencapai-prestasi.html

Belum Ada Komentar untuk "Tips Belajar Efektif Untuk Mencapai Prestasi"

Post a Comment