Kondisi Kuku Bisa Tunjukkan Keadaan Tubuh Anda


Kuku

Jika berbicara tentang kuku, hal lumrah yang terbesit di pikiran banyak orang yakni memotong kuku, menggunkana kuteks, atau melakukan perawatan seperti manikur dan pedikur. Tapi, pernahkah Anda membayangkan bahwa kondisi kesehatan kita bisa dilihat juga dari keadaan kuku?

Perubahan yang muncul pada kuku bisa memperlihatkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Nah, kondisi kuku yang bagaimana? Berikut ini paparannya seperti dilansir Times of India dan ditulis pada Senin (17/3/2014):

1. Kuku bertekstur kasar
Kondisi ini bisa berarti seseorang tengah depresi. Biasanya kuku yang cenderung kasar terjadi pada orang dengan psoriasis. Keadaan kuku seperti ini juga bisa berhubungan dengan gangguan jaringan dan alopecia.

2. Kuku menguning, menebal, atau rapuh
Orang yang memiliki kuku berwarna kuning atau keputihan dengan tekstur tebal tapi mudah rapuh bisa dipastikan mengalami infeksi jamur.

3. Kuku pucat
Jika kuku terlihat pucat, Anda bisa jadi kekurangan darah alias mengalami anemia. Selain itu, kuku yang pucat juga bisa jadi tanda awal diabetes atau gangguan liver.

4. Ada garis hitam di kuku
Jika Anda melihat ada garis hitam vertikal di kuku, itu bisa jadi indikasi melanoma. Biasanya, garis hitam ini akan muncul di ibu jari.

5. Kuku membiru
Jika kuku Anda kebiru-biruan sudah pasti tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Penyebabnya bisa karena ada infeksi pada paru-paru atau masalah jantung.

6. Kuku membengkak
Kondisi ini terjadi ketika ujung jari dan kutikula Anda membesar. Proses ini membutuhkan waktu bertahun-tahun. Hal ini bisa terjadi karena pasokan oksigen yang sangat rendah dalam tubuh akibat adanya gangguan pada paru-paru. Kondisi ini juga menjadi tanda penyakit usus dan gangguan jantung.

7.Kuku rapuh dan timbul garis putih
Kuku yang rapuh timbul sebagai akibat Anda terlalu banyak memakai bahan kimia. Sedangkan jika timbul garis putih di lebih dari satu kuku, bisa jadi ada masalah pada ginjal Anda. Atau, garis Muehrcke ini adalah tanda Anda kekurangan protein atau nutrisi lain dalam tubuh.

8. Kuku 'sendok' dan ada garis merah kecil
Kuku sendok adalah istilah untuk kuku yang sangat halus tapi terlihat berlubang. Keadaan kuku seperti ini bisa jadi tanda Anda kekurangan zat besi atau mengalami masalah liver. Sedangkan garis merah kecokelatan pada kuku seperti darah kering menunjukkan adanya masalah pada jantung atau cedera biasa.

Belum Ada Komentar untuk "Kondisi Kuku Bisa Tunjukkan Keadaan Tubuh Anda"

Post a Comment