Puasa Bebaskan Orang Dari Sakit Jantung

Serangan Jantung

Puasa yang kita rasakan sangat berat untuk dijalankan ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi siapa saja yang menjalankannya. Manfaat tersebut bukan hanya dari sebuah hal yang bersifat keagamaan, akan tetapi lebih universal ketika hasil sebuah studi menunjukkan bahwa puasa Ramadan dapat berdampak juga pada kesehatan manusia.

Intermountain Medical Centre Heart Institute telah melakukan serangkai studi yang diketahui hasilnya adalah berpuasa dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardovaskular seperti serangan jantung. Mengapa demikian?

Pada saat berpuasa, metabolisme yang ada pada tubuh tentu saja akan mengalami perubahan. Dalam hal ini, terjadi juga perubahan pada kadar kolesterol yang cenderung mengalami penurunan dalam tubuh manusia yang berpuasa. Fakta ini tentu saja merupakan sebuah kabar yang menggembirakan sekaligus menguntungkan. Terutama bagi setiap muslim yang berhasil mendapatkan manfaat ganda selain bisa beribadah mereka juga sehat. Apalagi bagi mereka yang mengalami masalah resiko penyakit jantung yang tinggi.

Seperti kita ketahui bahwa kadar kolesterol dan gula yang tinggi dalam darah dapat memicu penyakit jantung. Dengan berpuasa, seseorang berpeluang lebih besar menurunkan kadar kolesterol dan gula yang terlalu tinggi dalam darah.

Dr. Benjamin D. Horne, PhD, MPH selaku ketua peneliti menyatakan, Penemuan baru ini menunjukkan bahwa penemuan-penemuan sebelumnya bukanlah suatu kebetulan seperti dikutiptheNews.

Menurut Benjamin, penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian terbesar di dunia, terutama di Amerika. Informasi dari pasien-pasien penyakit jantung yang datang ke klinik menunjukkan perkembangan positif ketika mereka berpuasa.

Studi mencatat, dari keseluruhan kadar kolesterol pasien selama berpuasa, kolesterol baik (HDL) jumlahnya meningkat 14 persen. Sedangkan, kadar kolesterol jahat (LDL) hanya meningkat sebesar 6 persen.

Angka tersebut cukup mengejutkan kami. Ini menunjukkan bahwa puasa bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tambah Benjamin.

Belum Ada Komentar untuk "Puasa Bebaskan Orang Dari Sakit Jantung"

Post a Comment