Cara Memasak Wortel Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A, yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Wortel juga tinggi betakaroten sehingga berguna untuk kesehatan tubuh, juga kecantikan kulit. Namun dalam cara pengolahan yang salah, berbagai nutrisi yang dikandung tanaman akar-akaran ini bisa hilang.

Wortel yang segar akan terlihat lembab kulit luarnya. Jika masih terdapat daun, maka itu lebih baik bagi Anda, sebab artinya wortel masih baru dipanen sehingga nutrisinya masih segar dan lengkap.

Sebelum memasak wortel, maka cucilah bersih kulit luarnya. Jika perlu gunakan sabun khusus makanan, agar bakteri dari tanah yang menempel di kulitnya bisa hilang. Jika selama ini banyak yang mengolah wortel dengan cara merebusnya, maka tahukah Anda bahwa cara tersebut akan membuang banyak nutrisi wortel? Lalu bagaimana cara memasak yang benar?

Berikut adalah beberapa cara masak yang akan membuat nutrisi wortel lebih terjaga:


  • Microwave

Memakai microwave akan membuat nutrisi wortel lebih awet. Caranya potong wortel sesuai selera, lalu letakan di wadah yang aman bagi microwave Anda. Beri kaldu sebanyak ¼ gelas atau hingga wortel terendam. Bumbui sesuai selera, dengan garam atau merica dan bawang putih. Tutup dengan aluminium foil, lalu masak 3 menit.


  • Panggang

Memanggang dengan oven ini hampir sama caranya seperti memasak di microwave. Hanya saja kaldu diganti dengan minyak zaitun atau mentega. Panggang 15 menit atau hingga matang sesuai selera.


  • Tumis

Potong wortel menyerong tipis, lalu siapkan penggorengan. Beri mentega dan mulai menumis wortel. Jika perlu tambahkan sedikit air dan bumbu seperti garam dan gula.


  • Kukus

Mengukus berbagai sayuran, tak hanya wortel saja, akan membuat nutrisinya lebih awet dan masakan matang dengan tekstur yang masih bagus. Ini bisa Anda coba sendiri di rumah.

Dengan cara memasak demikian maka wortel akan tetap bergizi dan Anda menjadi lebih sehat. Selamat mencoba.

Belum Ada Komentar untuk "Cara Memasak Wortel Agar Nutrisinya Tetap Terjaga"

Post a Comment